Rabu, 25 April 2012

Pengertian Budidaya Ikan Hias Air Tawar

IKAN HIAS AIR TAWAR


Ikan hias air tawar memang tak pernah surut dari perhatian para hobiis maupun pembudidaya. Dari sisi artifisial, tampilan warna yang elok dan cemerlang menjadi daya tarik tersendiri bagi hobiis. Sementara dari sisi bisnis, jenisnya yang beragam, kemudahan dalam pemeliharaan, serta permintaan yang tinggi (baik lokal maupun ekspor), menjadi daya tarik para pembudidaya. Untuk itu, buku Panduan Lengkap Ikan Hias Air Tawar Populer hadir guna memenuhi khasanah pengetahuan para hobiis maupun pembudidaya mengenai ikan hias air tawar. Buku ini membahas secara detail, mulai dari ragam jenis; budi daya; kualitas air; pakan; penanggulangan penyakit; analisis usaha; hingga kiat untuk memasarkannya.

kan air tawar adalah ikan yang menghabiskan sebagian atau seluruh hidupnya di air tawar, seperti sungai dan danau, dengan salinitas kurang dari 0,05%. Dalam banyak hal, lingkungan air tawar berbeda dengan lingkungan perairan laut, dan yang paling membedakan adalah tingkat salinitasnya. Untuk bertahan di air tawar, ikan membutuhkan adaptasi fisiologis yang bertujuan menjaga keseimbangan konsentrasi ion dalam tubuh.

41% dari seluruh spesies ikan diketahui berada di air tawar. Hal ini karena spesiasi yang cepat yang menjadikan habitat yang terpencar menjadi mungkin untuk ditinggali.

Ikan air tawar berbeda secara fisiologis dengan ikan laut dalam beberapa aspek. Insang mereka harus mampu mendifusikan air sembari menjaga kadar garam dalam cairan tubuh secara simultan. Adaptasi pada bagian sisik ikan juga memainkan peran penting; ikan air tawar yang kehilangan banyak sisik akan mendapatkan kelebihan air yang berdifusi ke dalam kulit, dan dapat menyebabkan kematian pada ikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar